DIGITAL MARKETING
digital marketing
strategi agar
usahanya tersebut Digital interpreneurship ini tersebut sangatlah penting bagi
interpreneur muda karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era
disruptif ini menjadi hal yang harus kita pahami bagi strategi pemasaran pada
dunia kewirausahaan. Dan menginngat pada saat ini dimasa pandemini tersersebut
membuktikan sangat pentingnya Digital Marketing tersebut bagi dunia
kewirausahaan ketika seseorang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional
beberapa media promosi atau media pemasaan maka media digital adalah salah satu
solusi sehingga wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran
melalui pemanfaatan media Digital tersebut.
Peran teknologi
Digital dan internet telah mengubah dunia saat ini yang semula beberapa media
konvensional yang dianggap paling mutahir namun demikian seiring perkembangan
zaman maka internet dan teknologi Digital telah menguasai dunia yang telah
mengubah perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen
ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa kita bisa memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen sehingga Digital marketing merupakan bagian dari sebuah
jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya tetap bisa memenangkan
persaingan yang telah terjadi di dunia wirausaha. Jean. Claude Juncker mengatakan
bahwa “the internet and digital
technologies are transforming our world. Digital technology has to be our
future” disitu dijelaskan jika ingin mengusai masa depan maka kita harus
menguasai yang namanya Digital Teknologi. Maka dari itu kita harus bisa beraptasi
dengan terhadap berubahan yang ada termasuk dengan digital teknologi yang
berkembang pesat saat ini.
Digital marketing
interpreneurship tersebut sangatlah penting untuk kita pelajari dan menjadi
pertimbangan bagi para interpreneur muda untuk menjadikan Digital teknologi itu
sebagai bagian dari startegi pemasarannya. Data pada Januar tahun 2019 jumlah
populasi di Indonesia adalah 268,2 juta, dari 268,2 juta tersebut yang telah
menggunakan internet sebanyak 150 juta. Kemudian yang telah mengakses atau aktif
ke internet sosial media mereka mengakses media sosial menggunakan mobile phone
sekitar 130 juta hampir dari mereka mengakses media sosial mereka menggunakan
smartphone. Data berikutnya adalah tahun 2020 yang penambahannya 1,1% populasi
yang tadinya 262,2 juta dan telah tumbuh 1,1% atau penambahan sekitar 2,9 juta
penduduk Indonesia kemudia penduduk nya bertambah 1,1% penggunaan mobile phone
pun meningkat 4,6% lebih cepat pertumbuhan mobile phone dari pada jumlah
populasi begitupun penggunaan internet yang tumbuh sebesar 17% atau 25 juta
dalam satu tahun dan penggunaan media sosial tumbuh sebesar 8,1% atau 12 juta
orang dalam penggunaan media sosial. Jadi dapat dilihat pertumbuhan penggunaan
media sosial pertumbuhan penggunaannya tumbuhnya sangat cepat dibandingkan
dengan pertumbuhan jumlah populasi, hal ini menunjukan bahwa satu gejala
positif yang harus dipandang
interpreneur sebagai peluang. Maka dari
untuk interpreneur muda untuk memanfaatkan teknologi Digital tersebut
dalam kewirausahaannya dan sebagai strategi dari pemasaran. dengan menggunakan
teknologi Digital kita tidak perlu mempromosikan suatu produk menggunakan
billboard yang di jalan, atau mempromosikan barang menggunakan brosur sehingga
kita tidak menggunakan media-media konvesional sudah tidak cukup efektif dan
efesien bagi perusahaan atau bagi interpreneur saat ini.
Dalam data time spent with media penduduk Indonesia menghabiskan waktu
menggunakan gadget untuk mengakses internet kurang lebih 8 jam 36 menit atau 8
setengah jam perhari. Internet tersebut diakses bisa jadi pada saat kita
memulai aktivitas kita sudah membuka internet dan itu dilakukan sepanjang hari
sampai dengan mengakhiri aktivitas di hari itu, maka hal tersebut menjadi
peluang yang besar bagi interpreneur
menggunakan media Digital sebagai media promosi atau media pemasarannya
data tersebut merupakan data pada tahun 2019 dan sekarang ini sudah ditahun
2021 mungkin penggunaan internet meningkat pesat. Dan pada saat pandemi
COVID-19 tersebut telah mengakselerasi penggunaan media Digital ketika kita
semua dibatasi mobilitasnya untuk keluar rumah, maka semakin banyak waktu yang
kita habiskan untuk mangakses internet dan media sosial jadi hal tersebut
bukanlah menjadi peluang yang hanya di Indonesia tetapi juga global. Penggunaan
media Digital ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh konsumen yang ada.
Manfaat
dari Digital marketing dalam mengembangkan bisnis yaitu mudah menemukan
konsumen sesuai dengan target yang direncanakanMelalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan
mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan
begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau
memberikan pelayanan jasa kepada publik.Dengan digital marketing pula kamu
dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih
efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu
lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan
di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien. Menempatkan posisi
strategis dalam persaingan bisnis Baik
perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam
ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama
memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang
kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara
dengan perusahaan ternama.
Didata aktif media
platforms ditahun 2019 tentang beberapa sosial media platform yang paling
banyak digemari oleh pengguna media sosial. Paling banyak pengguna aplikasi
media sosial tersebut yaitu Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram dan
lain-lain. Hal tersebut dilakukan rating ini menjadi suatu wawasan baru atau
informasi baru bagi para pelaku usaha sehingga para pelaku usaha bisa
mempertimbangkan bahwa para pelaku usaha tersebut harus memasang iklan melalui
media sosial atau melalui palforms yang
telah di tulis diatas, karena media sosial tersebut paling banyak dikunjungai oleh
pengguna sosial media sehingga banyak yang akan tertarik dengan produk yang
kita promosikan melalui iklan tersebut. dalam berbisnis pasti dibutuhkan sebuah
tumbuh dan berkembang dan produknya tersebut lebih kenal banyak orang agar kita
mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada
dilingkungannya.
Dalam pemasaran
Digital kita memerlukan SOSTAC marketing diagram yang disusun atau di rancang
untuk usaha bisnis tersebut. SOSTAC marketing diagram tersebut ada 6 yaitu situatin analysis, objektive, srategy,
tactics, actions, control. Yang pertama yaitu situation analysis, apabila
kita ingin menggunaan Digital marketing maka kita perlu tau situation analysis
yakni menjelaskan tentang where, we, now atau posisi kita sedang berada diman.
Setelah kita sudah menyusun situation analysis, selanjutnya kita menyusun
objectivitas yaitu harus memiliki tujuan yang jelas, kemudian yaitu strategi
dalam strategi tersebut kita harus memikirkan bagaimana caranya agar kita bisa
mencapai tujuan kita kita miliki, sete;ah itu kita memperdalam strategi
tersebut dengan tactics yaitu cara-cara yang lebih generic yang kita lakukan
untuk mencapai tujuan yang kita tuju, kemudian tidak boleh dilupakan yaitu
actions atau title of teknik, dan di akhir kita juga perlu melakukan control
yakni melakukan penyususanan yang namanya ki performance indicator. Apakah
langkah-langkah yang kita susun dan strategi yang kita buat action yang kita
lakukan sudah cukup bisa memenuhi target kita dan sudah bisa mengarahkan kita
pada tujuan yang kita inginkan
Komentar
Posting Komentar