DIGITAL MARKETING

 digital marketing


strategi agar usahanya tersebut Digital interpreneurship ini tersebut sangatlah penting bagi interpreneur muda karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era disruptif ini menjadi hal yang harus kita pahami bagi strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Dan menginngat pada saat ini dimasa pandemini tersersebut membuktikan sangat pentingnya Digital Marketing tersebut bagi dunia kewirausahaan ketika seseorang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaan maka media digital adalah salah satu solusi sehingga wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media Digital tersebut.

Peran teknologi Digital dan internet telah mengubah dunia saat ini yang semula beberapa media konvensional yang dianggap paling mutahir namun demikian seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi Digital telah menguasai dunia yang telah mengubah perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa kita bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga Digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya tetap bisa memenangkan persaingan yang telah terjadi di dunia wirausaha. Jean. Claude Juncker mengatakan bahwa “the internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future” disitu dijelaskan jika ingin mengusai masa depan maka kita harus menguasai yang namanya Digital Teknologi. Maka dari itu kita harus bisa beraptasi dengan terhadap berubahan yang ada termasuk dengan digital teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Digital marketing interpreneurship tersebut sangatlah penting untuk kita pelajari dan menjadi pertimbangan bagi para interpreneur muda untuk menjadikan Digital teknologi itu sebagai bagian dari startegi pemasarannya. Data pada Januar tahun 2019 jumlah populasi di Indonesia adalah 268,2 juta, dari 268,2 juta tersebut yang telah menggunakan internet sebanyak 150 juta. Kemudian yang telah mengakses atau aktif ke internet sosial media mereka mengakses media sosial menggunakan mobile phone sekitar 130 juta hampir dari mereka mengakses media sosial mereka menggunakan smartphone. Data berikutnya adalah tahun 2020 yang penambahannya 1,1% populasi yang tadinya 262,2 juta dan telah tumbuh 1,1% atau penambahan sekitar 2,9 juta penduduk Indonesia kemudia penduduk nya bertambah 1,1% penggunaan mobile phone pun meningkat 4,6% lebih cepat pertumbuhan mobile phone dari pada jumlah populasi begitupun penggunaan internet yang tumbuh sebesar 17% atau 25 juta dalam satu tahun dan penggunaan media sosial tumbuh sebesar 8,1% atau 12 juta orang dalam penggunaan media sosial. Jadi dapat dilihat pertumbuhan penggunaan media sosial pertumbuhan penggunaannya tumbuhnya sangat cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah populasi, hal ini menunjukan bahwa satu gejala positif yang harus dipandang  interpreneur sebagai peluang. Maka dari  untuk interpreneur muda untuk memanfaatkan teknologi Digital tersebut dalam kewirausahaannya dan sebagai strategi dari pemasaran. dengan menggunakan teknologi Digital kita tidak perlu mempromosikan suatu produk menggunakan billboard yang di jalan, atau mempromosikan barang menggunakan brosur sehingga kita tidak menggunakan media-media konvesional sudah tidak cukup efektif dan efesien bagi perusahaan atau bagi interpreneur saat ini.

Dalam data time spent with media penduduk Indonesia menghabiskan waktu menggunakan gadget untuk mengakses internet kurang lebih 8 jam 36 menit atau 8 setengah jam perhari. Internet tersebut diakses bisa jadi pada saat kita memulai aktivitas kita sudah membuka internet dan itu dilakukan sepanjang hari sampai dengan mengakhiri aktivitas di hari itu, maka hal tersebut menjadi peluang yang besar bagi interpreneur  menggunakan media Digital sebagai media promosi atau media pemasarannya data tersebut merupakan data pada tahun 2019 dan sekarang ini sudah ditahun 2021 mungkin penggunaan internet meningkat pesat. Dan pada saat pandemi COVID-19 tersebut telah mengakselerasi penggunaan media Digital ketika kita semua dibatasi mobilitasnya untuk keluar rumah, maka semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk mangakses internet dan media sosial jadi hal tersebut bukanlah menjadi peluang yang hanya di Indonesia tetapi juga global. Penggunaan media Digital ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh konsumen yang ada.

Manfaat dari Digital marketing dalam mengembangkan bisnis yaitu mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakanMelalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.

Didata aktif media platforms ditahun 2019 tentang beberapa sosial media platform yang paling banyak digemari oleh pengguna media sosial. Paling banyak pengguna aplikasi media sosial tersebut yaitu Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan rating ini menjadi suatu wawasan baru atau informasi baru bagi para pelaku usaha sehingga para pelaku usaha bisa mempertimbangkan bahwa para pelaku usaha tersebut harus memasang iklan melalui media sosial  atau melalui palforms yang telah di tulis diatas, karena media sosial tersebut paling banyak dikunjungai oleh pengguna sosial media sehingga banyak yang akan tertarik dengan produk yang kita promosikan melalui iklan tersebut. dalam berbisnis pasti dibutuhkan sebuah tumbuh dan berkembang dan produknya tersebut lebih kenal banyak orang agar kita mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada  dilingkungannya.

Dalam pemasaran Digital kita memerlukan SOSTAC marketing diagram yang disusun atau di rancang untuk usaha bisnis tersebut. SOSTAC marketing diagram tersebut ada 6 yaitu situatin analysis, objektive, srategy, tactics, actions, control. Yang pertama yaitu situation analysis, apabila kita ingin menggunaan Digital marketing maka kita perlu tau situation analysis yakni menjelaskan tentang where, we, now atau posisi kita sedang berada diman. Setelah kita sudah menyusun situation analysis, selanjutnya kita menyusun objectivitas yaitu harus memiliki tujuan yang jelas, kemudian yaitu strategi dalam strategi tersebut kita harus memikirkan bagaimana caranya agar kita bisa mencapai tujuan kita kita miliki, sete;ah itu kita memperdalam strategi tersebut dengan tactics yaitu cara-cara yang lebih generic yang kita lakukan untuk mencapai tujuan yang kita tuju, kemudian tidak boleh dilupakan yaitu actions atau title of teknik, dan di akhir kita juga perlu melakukan control yakni melakukan penyususanan yang namanya ki performance indicator. Apakah langkah-langkah yang kita susun dan strategi yang kita buat action yang kita lakukan sudah cukup bisa memenuhi target kita dan sudah bisa mengarahkan kita pada tujuan yang kita inginkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Kandidat Tim Esport terkuat juara MPL Season 7

BIGETRON DAN EVOS YANG AKAN MEWAKILI INDONESIA DALAM AJANG PMPL SEA