DIGITAL ENTREPRENEURSHIP

OLEH: Muhammad Alfian

Pada zaman sekarang teknologi telah berkembang pesat di era perkembangan yang berkelanjutan ini, teknologi memiliki dampak yang sangat besar dalam banyak hal. Karena di era Revolusi Industri 4.0 ini, angka memegang peranan penting dalam segala bidang mulai dari pendidikan hingga ekonomi dan industri lainnya. Dalam wirausaha digital seperti itu, tidak hanya dibutuhkan teknologi informasi yang handal, tetapi kita juga perlu pemikiran yang luas, karena di era digital seperti ini, daya saing yang dibutuhkan sangat kuat. Seperti yang kita semua ketahui, dunia digital kini menyediakan sumber daya baru bagi wirausahawan yang memungkinkan mereka memanfaatkan keuntungan yang terus meningkat dari pengumpulan, konten, kode, dan layanan data terbuka, terutama wirausahawan yang berkontribusi pada pengguna dan komunitas online dan global

digital (digital entrepreneurship), yakni kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan, transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Prinsip-prinsip dasar kewirausahaan masih berlaku dan dapat diaplikasikan di dunia kewirausahaan digital ini, seperti: menumbuhkan pola pikir kewirausahaan, mengidentifikasi peluang yang baik, mengenal pelanggan Anda, memenuhi ketentuan legal, maupun berupaya untuk meningkatkan modal. Dalam kewirausahaan digital, perubahan mendasar terletak pada upaya untuk aktif dalam aktivitas bisnis dan terkoneksi dengan masyarakat yang telah melek digital.

Zaman sekarang, teknologi digital sangatlah penting dan dibutuhkan dalam bidang bisnis. Mengambil contoh, Indoguna mereka memanfaatkan teknologi digital yang perlu di perhatikan dalam melakukan bisnisnya yaitu, Distribution network, Distribution management, Transportation management dan ini membutuhkan teknologi yang signifikan berbeda degan distribusi biasa dan indoguna juga memliki prinsip-prinsip kerja yaitu yang pertama adalah Food safety : kemanan pangan dengan keamanan pangan dengan keamanan pangang kita bisa mengatahui kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencagah pangan dari tiga cemaran yaitu cemaran biologis, kimia dan benda lain. Food quality: kualitas pangan tersebut kualitas pangan ini sangat penting karena kualitas tersebutlah yang banyak dilaht oleh para pembeli konsumen biasanya melihat suatu produk dari kualitasnya. Berikutnya Sustainability: kesinabungan pasokan dapat dijaga.

Dan di era di gital tersebut di perlukan strategi dan inilah beberapa strategi bisnis di era digital agar bisnis-bisnis tersebut berjalan dengan lancar jika seorang pembisnis tidak melakukan strategi kebanyakan dari usahanya tersebut tutup dikarenakan bangkrut maka dari itu strategi bisnis tersebut  sangatlah penting berikut strategi-strategi dalam berbisnis yaitu Customer focus, keunggulan kompetitif diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan dengan puasnya pelanggan maka pelanggan tersebut nyaman berbelanja ditempat kita. Omnichannel, untuk menghubungkan dunia offline ke online dengan menghubungkan offline ke online maka kita mendapatkan keutungan dimana sekarang banyak orang yang berbelanja melalui online maka dari itu strategi ini sangat lah bagus untuk diterapkan.Big data, menggunakan SAP business one untuk mendukung transaksi bisnis.ybersecurty: melindungi informasi bisnis perusahaan (sophos central) informasi bisnis tersebut dijaga karena setiap orang berbisnis memilki rahasia atau kesuksesan sendiri. Kapabilitas digital: untuk mendudukung perusahaan masuk ke dunia digital karena zaman sekarang telah banyak menggunakan teknologi yang canggih dan perubahan zaman yaitu revolusi 4.0

Dizaman sekarang orang telah banyak menggunakan teknologi digital bahkan kita kita bisa berbelanja online yaitu berbelanja dari rumah tetapiUntuk memasuki dunia era digital yang memerlukan 4 hal berikut:

a)  Mobile internet

b)  Cloud techonology

c)  Internet of things

d)  Big data and advanced analytics

Dan menurut penelitian 4 dari yang disebutkan di atas apabila telah memenuhi kriteria maka bisa di terapkan revolusi digital tersebut dan Indonesia teah memenuhi hal-hal yang dbutuhi untuk memasuki era revolui digital. Indonesia termasuk yang termurah dalam penjualan internet. Maka peluang harga karya internetnya murah dibanding dengan negara-negara lain. Tetapi kualitas dari internet di Indonesia masih di bilang buruk karena cakupanna yang luas sehingga pemmerintah membangun palaparing hampir seluruh Indonesia atau hampir 35.000 km dan cakupan 4G-nya masih 23% itu pada tahun 2015 dan mungkin pada tahun 2020 ini mungkin sudah hampir mencakup seluruh daerah indonesia.indonesia juga termasuk pengguna media sosial tertinggi di dunia Jakarta dianggap sebagai ibu kota twitter dunia. Pengguna media sosial di indonesia bahkan melebihi warga Amerika dan datanya indonesia 2.9 sedangkan Amerika 1.7

Industri-industri yang berdampak dalam 4 hal diatas yaitu:

a)    Pabrik modern dilengkapi sensor yang di pasang di lini produksi dan mengirim     status operasi secara online ke pembagian pengendali         

b)    Big data akan digunakan untuk meningkatkan efesiensi, hasil, kualitas, kondisi alat untuk pemeiharaa

c)    Sistem online pendukung manajemen rantai pasokan

d)    Pekerjaan berbahaya, berat atau berulang dilaksanakan

Didalam dunia bisnis diperlukan Kompetensi yang di perlukan dalam wirausaha digital agar para wirausaha tersebut bisa menjalankan bisnisnya dengan lancar. Yang pertama itu wirausaha tersebut harus mempunya indikator-indikator yang apa yang mau dicapai. Kompetensi yang diperlukan adalah target financial, terget financial tersebut biasanya mencari bagaimana pelanggan baru agar bisnis mereka tersebut laku dipasaran,pelanggan loyal dengan pelanggan yang loyal kita harus memberi bonus kepada pelanggan tersebut seperti buy one get one agar pelanggan tersebut tetap membeli ditempat usaha kita. Kemudian hemat biaya hal tersebut dilakukan agar aset yang kita miliki tetap produktif. Kepuasan pelanggan, agar pelanggan puas proses internal kita kerjakan  dengan baik.

Dalam dunia kewirausahaan digital terdapat tantangan dalam menjalankan bisnis tersebut seperti Transformasi digital yang setiap hari makin maju dan canggih memang memiliki banyak sekali manfaat untuk perkembangan dunia bisnis saat ini. Teknologi dapat menghemat waktu, tenaga, serta biaya dengan hasil yang cukup maksimal. Kecepatan, ayaknya teknologi yang menuntut pemilik bisnis untuk adaptif, masyarakat saat ini pun menuntut produk dan layanan yang serba cepat serta praktis. Masyarakat yang senantiasa berubah, selain menginginkan hal secara cepat dan praktis, tantangan dari masyarakat saat ini adalah karena mereka senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan dan kebutuhan. Persaingan semakin tinggi  Lagi-lagi teknologi mempunyai pengaruh dalam hal ini. Teknologi canggih mampu mengintegrasi saluran bisnis sehingga dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu.

Dalam bisnis kompetensi apa yang dibutuhkan dalam berbisnis? Dalam berbisnis sangat dibutuhkan kompetensi ata kemampuan yang pertama yaitu komunikasi, komunikasi adalah keterampilan penting wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali, promosi ke invesor atau pelanggan, keterampilan pribadi maupun profesioal akan adalah kunci kesuksesan. Yang kedua adalah finansial, memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha. Mengendalikan arus kas sangat penting bagi solopreneur, freelancer ataupun bisnis besar. Dan yang ke tiga adalah merk, merk sangat dibutuhkan setiap wirausaha pasti mempunya merek. Cara bisara, cara menanggapi email, cara memperkenalkan diri cara menulis adalah merk “citra” anda sebagai wirausaha. Keempat ada marketing seorang wirausaha, punya produk terbaik di dunia, tapi tidak ada yang tahu, produk tidak akan berharga. Kelima ada Networking, tali silahturahmi akan memperluas jaringan yang dibangun, makin kuat pondasi bisnisseorang wirausaha. Keenam ada automation, yaitu melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas wirausaha, jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara mempergunakan atau melakukan pendelegasian. Yang terakhir ada Design, yaitu beda produk bagus dan produk hebat adalah desain. Banya wirausaha mengabaikan “desain produk” dan terburu-buru masuk ke pasar sehingga menemukan kegagalan besar, desain bukan hanya tampilan tetapi fungsinya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIGITAL MARKETING

3 Kandidat Tim Esport terkuat juara MPL Season 7

BIGETRON DAN EVOS YANG AKAN MEWAKILI INDONESIA DALAM AJANG PMPL SEA